arsitektur rumah jawa

JASA DESAIN ARSITEKTUR RUMAH DI JAWA

Memiliki rumah yang unik dan cantik tentu saja menjadi keinginan banyak orang. Dengan mempunyai rumah yang unik dan lain dari yang lain tentu saja akan menjadi pusat perhatian. Jika kita mendapati rumah cantik yang ada di perkotaan tentu sudah tidak asing lagi. Rumah dengan model minimalis dan rumah mewah dengan dikelilingi pagar berwarna emas yang semakin membuatnya tampak megah. Rumah-rumah tersebut sudah pasti cantik dan menawan.

Akan tetapi rumah tersebut sangat banyak dan sangat sering di jumpai. Ole karena itu, sudah tidak menarik lagi jika rumah itu dikatakan dengan rumah yang antik dan lain dari yang lain. Karena desain rumah yang seperti itu sudah banyak ditemui, banyak orang yang akan mencari desain rumah lain yang belum dimiliki kebanyakan orang. Hal itu sebagian orang yang memiliki selera rumah unik memilih untuk membuta rumah jawa. Rumah jawa adalah rumah yang menggunakan bahan utamanya dari kayu.

Hampir semua seluruh bagian rumah tersebut menggunakan material kayu. Rumah jawa dibangun pertama kali di jawa dan dijadikan sebagai rumah adat. Rumah jawa sendiri dibagi menjadi bermacam-macam jenisnya. Kalu pada zaman dulu rumah jawa hanya terdapat di pulau jawa. Tetapi saat ini rumah jawa sudah banyak diminati sehingga dibangun dimana-mana. Tetapi tentu saja rumah jawa tersebut sudah mengalami banyak perubahan dan sudah dibuat dengan gaya yang lebih modern.

arsitektur rumah jawa

arsitektur rumah jawa

Ketahui Jenis-Jenis Arsitektur Rumah Jawa Bersejarah

Banyak sekali orang yang semakin berminat untuk membangun rumah jawa. Hal itu tentu saja tidak lepas dari jasa arsitektur rumah jawa yang akan berperan penting dalam pembangunan rumah tersebut. Rumah jawa memiliki material utama dari kayu yang sangat mudah untuk didapatkan. Untuk membuat rumah jawa juga akan mempermudah jasa desain arsitektur rumah di jawa karena desain nya yang tidak rumit. Untuk melihat rumah jawa yang benar-benar asli masih bisa kita temukan di yogyakarta.

Rumah jawa adalah rumah tradisional namun menjadi rumah favorit bagi kalangan modern ini. Meskipun rumah jawa adalah rumah tradisional, tetapi rumah ini tetap cantik dan tidak kalah dengan rumah modern masa kini. Semakin berkembangnya teknologi dan pengetahuan. Rumah jawa kini sudah banyak dibangun oleh arsitektur rumah jawa dengan sentuhan gaya beru yang lebih masa kini. Dengan kreativitas jasa arsitektur rumah jawa membuat rumah jawa tampil lebih maksimal tetapi tidak meninggalkan unsur utama rumah jawa tersebut.

Rumah tradisional jawa atau omah adat jawa biasanya memiliki tata letak yang sangat mirip antara satu dengan lainnya. Rumah jawa adalah arsitektur tradisional jawa yang berkembang sejak abad ke-13. Bagi anda pecinta rumah jawa, sebaiknya anda mengetahui 5 tipe pokok rumah jawa yang sudah ada sejak zaman dulu.

  1. Rumah Joglo

Rumah joglo adalah rumah adat jawa yang paling terkenal. Hampir di seluruh daerah mengenal nama rumah joglo ini. Rumah joglo juga diminati banyak orang. Jasa desain arsitektur rumah di jawa sudah banyak sekali membangun rumah joglo dengan gaya yang lebih modern. Saat ini rumah joglo sudah bisa dibangun oleh siap dan dimana saja. Tetapi dibalik rumah joglo yang banyak dibangun dimana-mana ini. Ada sejarah menarik dibaliknya. Pada zaman dulu Rumah joglo menjadi rumah yang paling tersohor karena hanya orang kaya dan terpandang saja yang mampu membangun rumah ini. Dengan demikian, secara tidak langsung rumah ini mencerminkan status sosial dan ekonomi pemiliknya. Namun untuk sekarang siap saja bebas membangun rumah joglo. Kita bisa menggunakan jasa arsitektur rumah jawa untuk membuatnya. Rumah joglo yang asli memiliki beberapa unsur yang tidak bisa ditinggalkan. Kalau untuk saat ini mungkin kita akan menemui rumah joglo yang sudah mengalami banyak perubahan. Rumah joglo yang asli terdiri dalam berbagai model. Seperti rumah adat yang lainnya, setiap bagian rumah joglo memiliki unsur filosofi yang tinggi.

Adapun bagian-bagian yang harus dimiliki rumah joglo yang asli adalah sebagai berikut:

  • Omah ndalem atau omah njero.
  • Saka guru.
  • Pintu rumah berjumlah tiga.

  1. Rumah Panggang Pe

Rumah panggang pe adalah rumah yang mempunyai empat tiang. Separuh tiang yang ada di bagian depan lebih pendek dari tiang belakang. Menurut sejarah rumah panggang pe ini dulunya digunakan sebagai tempat tinggal sekaligus warung. Rumah jawa ini tentu saja juga memiliki nilai filosofi yang tinggi. Rumah panggang pe ini sebagian besar terbuat dari kayu tanpa di cat dengan atap genting. Rumah ini masih sering kita temui di jawa tengah dekat dengan yogyakarta. Arsitektur rumah jawa ini juga banyak dibangun oleh banyak orang. Tetapi tidak sebanyak peminat rumah joglo.

  1. Rumah Tajung

Rumah tajung adalah rumah asli adat jawa tengah yang berfungsi sebagai tempat ibadah. Atau tempat sakral. Orang biasa tidak boleh membangun rumah ini karena rumah ini memiliki nilai kekhususan. Ciri khas rumah tajung ini dapat dilihat dari atap yang memiliki bentuk bujur sangkar dengan ujung runcing. Bentuk rumah tajung ini masih bisa kita temui hingga kini. Kita bisa melihat rumah tajung yaitu Masjid Agung Demak yang didirikan oleh Walisongo pada kerajaan Demak.

  1. Rumah Kampung

Rumah kampung hampir sama dengan rumah panggang pe akan tetapi rumah ini memiliki dua teras di bagian depan. Ciri khas rumah kampung ini mempunyai jumlah tiang berkelipatan empat. Jumlahnya mulai dari 8, 12, 16, dan seterusnya. Rumah ini masih banyak kitab temui di jawa tengah. Rumah kampung ini juga banyak dibangun jasa arsitektur rumah jawa. Banyak peminat rumah jawa yang membangun rumah kampung ini dengan jasa desain arsitektur rumah di jawa. Dengan sedikit sentuhan modern jasa arsitektur rumah jawa. Rumah kampung ini menjadi rumah yang cantik, elegan tetapi tidak meninggalkan unsur kejawen nya.

  1. Rumah Limasan

Rumah jawa ini disebut dengan rumah limasan karena memang rumah ini memiliki atap seperti limas.  Atap rumahnya memiliki empat sisi seperti rumah adat sumatera. Rumah ini juga banyak sekali dibangun kembali oleh jasa desain arsitektur rumah di jawa. Karena rumah jawa jenis ini juga memiliki banyak peminatnya. Orang yang ingin membangun rumah jawa menggunakan jasa arsitektur rumah jawa biasanya akan menggunakan jenis ini. Rumah jawa limasan ini selain memiliki nilai estetika yang tinggi. rumah ini juga cantik dan sangat cocok untuk dijadikan hunian.

Bergabung Bersama Ahli Jasa Arsitektur Rumah Jawa

Ada banyak sekali jasa desain arsitektur rumah di jawa yang bisa membuat rumah adat jawa. Rumah adat jawa banyak sekali diminati karena bentuknya yang unik dan antik. Rumah jawa ini memiliki nilai sejarah dan filosofi yang tinggi. Bagi pecinta rumah antik, tentu saja rumah jawa ini akan menjadi pilihan. Dengan bantuan jasa arsitektur rumah jawa akan membuat rumah jawa yang lebih modern tetapi tidak meninggalkan kearifan lokal.

Banyak sekali jasa arsitektur rumah jawa yang mampu berkreasi dengan rumah jawa untuk menciptakan hunian yang menawan. Membangun rumah jawa menggunakan bahan material yang sangat mudah untuk di dapatkan. Hal itu membuat banyak orang yang ingin memiliki rumah jawa tersebut. Bagi anda yang juga berniat untuk membangun rumah jawa anda tidak perlu bingung harus memulai dari mana. Karena ada jasa desain arsitektur rumah di jawa yang siap untuk membantu.

Anda bisa mendapatkan jasa arsitek tersebut bersama DZ Architect & Associates. Dengan DZ Architect & Associates anda akan mendapatkan rumah jawa impian anda. Kami adalah arsitektur rumah jawa yang berpengalaman dan memiliki kreativitas yang tinggi. Dengan ide-ide kami yang brilian tentu akan membuat anda puas dengan hasil kinerja kami. Kami adalah jasa arsitektur rumah jawa yang memiliki banyak testimoni di bidang pembangunan.

Pastikan anda tidak menemukan jasa arsitektur yang salah. Mari bekerja sama dengan yang terpercaya dan profesional. DZ Architect & Associates ahlinya jasa desain arsitektur rumah di jawa.

Informasi selengkapnya bisa menghubungi marketing kami dibawah ini :

CS : 0878-2121-4004

Email :

[email protected]

Alamat :

Dz Architect StudioCangkringan no.34 Tegalsari, Tirtomartani, kalasan, sleman regency, special region of yogyakarta 55571

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *