harga desain rumah

MENGETAHUI HARGA DESAIN ARSITEK RUMAH PER METER

Harga desain arsitek, harga desain rumah, harga desain rumah per meter, adalah pertanyaan yang sering dilontarkan konsumen ketika membuat rumah. Ketika mencari arsitek, konsumen akan menanyakan biaya harga desain arsitek terlebih dahulu. Kemudian menanyakan yang berkaitan dengan bangunan yang akan dibuatnya. Biasanya konsumen akan membuat negosiasi biaya sebelum mereka deal bekerja sama. Setiap arsitek memiliki patokan harga masing-masing.

Tentunya berbeda beda antara arsitek yang satu dan arsitek yang lain.  Perbedaan harga desain rumah berdasarkan suatu faktor tertentu. Misalnya arsitek yang sudah mempunyai jam terbang tinggi, sudah memiliki banyak pengalaman, dan perusahaannya sudah berdiri lama. Beda lagi dengan arsitek yang baru menyelesaikan study nya dan baru merintis di dunia usaha. Tentunya mereka akan mematok harga desain rumah per meter yang lebih murah dibanding arsitek papan atas. Sebenarnya arsitek yang baru merintis juga memiliki kemampuan yang tidak diragukan lagi.

Namun pengalamannya yang belum banyak di dunia usaha membuat sebagian konsumen enggan menggunakan mereka. Biasanya arsitek yang baru merintis akan terjun di dunia kerja dan menggarap proyek rumah hunian. Sangat berbeda dengan arsitek yang sudah ternama. Mereka akan menggarap proyek-proyek besar. Membangun gedung-gedung bertingkat, hotel bintang lima, perusahaan-perusahaan besar, rumah sakit dan masih banyak lagi. Tetapi untuk membangun rumah agar sesuai dengan keinginan, sebaiknya kita menggunakan arsitek meskipun akan mengeluarkan tambahan biaya.

harga desain rumah

harga desain rumah

Berapa Harga Desain Rumah Per Meter Yang Biasa Ditawarkan Arsitek?

Bagi anda yang berniat untuk membangun rumah hunian, eksistensi arsitek memang sangat dibutuhkan. Jasa arsitek sangat dibutuhkan untuk membantu mewujudkan rumah yang sesuai dengan impian. Akan tetapi harga desain arsitek yang masih simpangsiur membuat banyak orang ragu menggunakan jasa arsitek. Padahal memakai jasa arsitek akan memberi banyak keuntungan bagi konsumen meski harga desain rumah cukup mahal. Banyak orang yang masih belum tau bagaimana cara arsitek menghitung harga desain arsitek yang harus dibayarkan kepadanya.

Ada berbagai macam metode arsitek dalam mematok harga desain rumah. Arsitek akan menentukan metode penghitungan biaya juga berdasarkan kesepakatan dari konsumen. Arsitek tidak akan memutuskan secara sepihak, sehingga akan membuat konsumen kaget dan takut tidak sanggup membayarnya. Sebenarnya harga jasa arsitek tidaklah mahal, jika dibandingkan dengan hasil pengerjaan nya yang maksimal dan memuaskan. Arsitek akan memperhitungkan dengan benar dan matang bagaimana membangun rumah yang aman nyaman dan indah. Arsitek akan memperkecil kemungkinan rumah gagal dibangun. Nah, untuk anda yang saat ini berniat membangun rumah, ada beberapa metode menghitung biaya arsitek yang perlu anda ketahui.

  1. Arsitek akan mematok harga berdasarkan persentase biaya bangunan

Ada berbagai macam cara seorang arsitek dalam mematok harga desain rumah. Salah satu metode mematok biaya tersebut adalah dengan berdasarkan persentase biaya bangunan. Contohnya, arsitek terlebih dulu akan membuat gambar desain bagi konsumen tersebut. Tentunya desain tersebut merupakan hasil inspirasi konsumen. Tugas arsitek akan mewujudkannya melalui desain gambar dan rancangan. Kemudian desain tersebut yang nantinya akan dijadikan pedoman oleh kontraktor yang menggarap rumah tersebut. Setelah desain dan segala perhitungan selesai dibuat. Bisa diketahui biaya total untuk membangun rumah tersebut sampai selesai. Lalu bagaimana cara arsitek akan menentukan harga desain arsitek?

Nah, cara arsitek menentukan biaya jasanya dengan mengambil beberapa persen dari keseluruhan total biaya. jika arsitek tersebut mematok harga jasanya berdasarkan patokan Ikatan Arsitektur Indonesia, maka arsitek akan mengambil 4,78% dari keseluruhan biaya. Namun jika biaya keseluruhan untuk rumah tarifnya kurang dari 200 juta akan beda lagi.  Arsitek juga akan mengambil jumlah persentase yang berbeda. Menurut Ikatan Arsitektur Indonesia untuk biaya produksi rumah kurang dari 200 juta maka persentase yang diambil adalah 6,50%. Jadi sudah bisa dipastikan, semakin besar maupun semakin kecil biaya total pembangunan keseluruhan maka biaya persentase nya juga berbeda.

  1. Arsitek akan mematok biaya harga desain rumah per meter persegi

Bagaimana cara menghitung harga desain rumah per meter persegi? Kebanyakan arsitek menawarkan jasanya dalam bentuk gambar desain. Kemudian dengan berdasarkan gambar desain tersebut seorang arsitek akan menawarkan harga desain rumah per meter secara terperinci dan detail. Arsitek akan membuat desain gambarnya terlebih dulu. Setelah gambar desain selesai, maka akan diketahui berapa meter persegi luas bangunan yang akan dibuat. Kemudian arsitek akan menghitung tarif berdasarkan luas bangunan tersebut. Luas bangunan akan dikalikan harga per meter oleh arsitek. Harga per meter tiap arsitek tentunya beda-beda. Tergantung sejauh mana karier arsitek tersebut. Bukan faktor itu saja, namun arsitek juga menentukan tarif berdasarkan tingkat kesulitan rumah yang akan dibangun.

  1. Arsitek menggunakan paket All in One

Bukan hanya menawarkan harga desain rumah per meter. Ada arsitek yang hanya menawarkan jasa desain aja. Tetapi saat ini arsitek sudah banyak bergabung dengan kontraktor dalam paket all in one. Orang yang membangun rumah dan sudah terbiasa menggunakan arsitek akan menyewa jasa arsitek all in one. Selain lebih mudah, menggunakan jasa all in one lebih menghemat biaya. Mengapa bisa lebih hemat? Karena konsumen yang menggunakan jasa arsitek all in one akan mendapatkan harga khusus. Tentunya harga yang ditawarkan akan jauh lebih murah. Kita juga tidak perlu repot-repot mencari kontraktor sendiri. Dengan paket all in one kita juga akan mendapatkan kualitas yang lebih baik. karena kontraktor yang bergabung dengan arsitek pilihan kita pasti juga profesional seperti arsitek yang kita pilih. Hanya dengan memilih paket all in one kita sudah menemukan semua yang dibutuhkan dalam membangun rumah idaman.

Bagaimana Mendapatkan Harga Desain Rumah Yang Terjangkau Dan Berkualitas?

Tidak ada seorang pun yang mau dipatok dengan harga desain arsitek yang mahal. Meskipun menginginkan kualitas yang bagus tetapi tetap saja mereka akan mencari harga yang paling murah. Sudah menjadi naluri manusia menginginkan hasil yang maksimal namun dengan budget yang minimal. Apakah masih ada harga desain arsitek yang seperti itu? Mengingat melambungnya harga bahan pangan yang tidak tanggung-tanggung. Tentu saja semua akan ikut menaikkan harga. Rasanya akan sulit mencari perusahaan arsitektur yang seperti itu.

Tetapi anda tidak perlu bingung, DZ Architect & Associates akan menjawab segala keraguan anda. Ditengah-tengah naiknya bahan pokok DZ Architect & Associates akan memberi solusi bagi pembangunan rumah anda. DZ Architect & Associates adalah perusahaan di bidang arsitektur terpercaya dan memiliki keahlian yang mumpuni. Team kami dengan kreativitas yang tanpa batas akan membuat anda puas. Rumah impian anda tidak lagi hanya mimpi tetapi akan menjadi kenyataan.

Anda tidak perlu takut karena DZ Architect & Associates akan menyesuaikan tarif sesuai budget yang anda miliki. Sebaiknya segera konsul tasikan masalah anda kepada kami. Karena kami adalah solusi anda yang bingung menentukan harga desain rumah.

Informasi selengkapnya bisa menghubungi marketing kami dibawah ini :

CS : 0878-2121-4004

Email : [email protected]

Alamat :

Dz Architect Studio

Cangkringan no.34 Tegalsari, Tirtomartani, kalasan, sleman regency, special region of yogyakarta 55571

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *